Medan: Dokter asing tanpa izin praktik berpotensi masuk Indonesia saat diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi negara lain terutama dalam industri kesehatan.

“Apalagi saat ini telah memasuki MEA 2016, here jadi bisa saja dokter asing tanpa izin praktik ke Medan, discount ” kata Sekretaris IDI Medan, dr Wijaya Juwarna, Kamis (28/1/2016).

Menurut Wijaya, untuk membuka praktik di Indonesia, dokter asing harus mempunyai izin resmi dari konsul kesehatan atau Kementerian Kesehatan. Tidak mudah bagi seorang dokter asing buka praktik di Indonesia.

“Sudah ada ketentuan untuk itu, sudah ada tercantum dalam Undang-Undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, jadi tidak sembarangan mereka buka praktik di negara kita. Tapi yang jelas, dokter asing tanpa izin praktik harus diwaspadai,” kata Wijaya.

Dia menambahkan razia terhadap dokter asing yang kemungkinan masuk ke Medan memang perlu dilakukan. Hal ini untuk mencegah terulangnya kasus yang menimpa Allya Siska setelah mengikuti terapi Chiropractic dengan terapis asing, Randall Caferty.

“Memang selama kepengurusan IDI Medan kami belum menemukan keberadaan dokter asing tanpa izin buka praktek di Medan, namun langkah pengantisipasian harus tetap dilakukan,” kata dia.

Mengenai langkah Dinkes Medan yang akan rutin melakukan razia terhadap klinik-klinik kesehatan di Medan untuk mengantisipasi ada dokter asing yang berpraktek di sana, Wijaya mendukung dan meminta agar langkah tersebut rutin dilaksanakan.

“Memang perlu dilakukan sidak tersebut, setiap stakeholder terkait, termasuk dari IDI Medan, harus berkerja sama untuk terus merazia agar kota Medan bebas dari para dokter asing yang tidak mempunyai izin praktik resmi dari pemerintah,” kata Wijaya.
UWA

sumber: metronews