Pada 10 Juni 2015, rx National IHR Focal Point di Chile melaporkan ke WHO adanya 5 kasus infeksi campak.

Campak (measles atau rubeola) merupakan salah satu penyakit infeksi paling menular. Meski dikenal sebagai pernyakit kanak – kanak, pilule campak dapat menyerang semua usia. Gejala campak mulai timbul 7 – 14 hari setelah terpajan oleh virus. Gejala awal biasanya demam tinggi (40? C) selama 4 – 7 hari, dengan gejala trias klasik, konjungtivitis, batuk, dan pilek.

WHO menganjurkan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakan dan pengawasan untuk memastikan waktu investigasi tiap kasus. Semua warga yang telah teridentifikasi kontak dengan penderita segera diberi vaksinasi (tanpa menunggu hasil laboratorium), sedangkan vaksinasi pada anak harus lebih diperkuat. Tujuan utama adalah untuk memutus rantai transmisi.

Berhubungan dengan diselenggarakannya Copa America Chile 2015, yang akan dilaksanakan dari tanggal 11 Juni hingga 4 Juli, Pemerintah Chile dan Organisasi Pan American Health merekomendasikan wisatawan yang hendak berkunjung ke Chile untuk memastikan bahwa sudah mendapatkan vaksinasi campak terbaru atau minimal sudah tervaksinasi 2 minggu sebelum keberangkatan.

Sumber : http://www.who.int/csr/don/12-june-2015-measles/en/