Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015, tadalafil Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jatim sekaligus Direktur RSUD Dr Soetomo Surabaya, for sale dr Dodo Anondo MPH akan menyeleksi lebih ketat masuknya dokter umum asal luar negeri yang ingin menjadi tenaga medis di Jawa timur.

Ketatnya kualifikasi dokter asing yang akan berpraktik di wilayah Jawa Timur tersebut disampaikan usai menghadiri acara pelantikan 130 dokter baru periode I tahun 2015 (21/1), di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.
Menurutnya, peningkatan kualitas dan kompetensi dokter Indonesia amat diperlukan. Karena pada era ini akan terjadi ledakan jumlah tenaga kesehatan asing sekaligus persaingan dari negara tetangga Asean yang bekerja di Indonesia. Begitupula sebaliknya, dokter Indonesia juga berkesempatan masuk dan praktek di negara Asean lainnya.
?Oleh sebab itu, prosedur seleksi terhadap tenaga medis asing yang akan diberlakukan oleh Persi Jatim yakni dengan menerapkan beberapa kualifikasi dan persyaratan. Antara lain tenaga medis bersangkutan harus lolos syarat kualifikasi termasuk di antaranya mempunyai izin profesi, memahami kultur budaya  Jawa Timur dan  mampu memahami bahasa Indonesia. Di samping verifikasi ulang kompetensi tenaga kesehatan asing, baik itu dilihat dari dokumen akademik, surat tanda registrasi negara asal serta pengalaman kerja.?
?”Tentunya kami tidak bisa menolak masuknya dokter asing dan dalam situasi apapun harus bisa dan siap bersaing. Maka kondisi ini harus bisa dikendalikan sesuai persyaratan dan aturan berlaku. Dalam hal ini kami juga dilindungi Perda tentang Tenaga Kesehatan di Jatim yang telah disahkan DPRD Jatim,” jelasnya.
?Selain meningkatkan kualitas SDM dokter,  rumah sakit juga harus bisa melakukan inovasi di layanan kesehatan dengan menampilkan kelebihan maupun ikon yang dimiliki, seperti RSU dr Soetomo yang memiliki ikon penanganan bayi kembar siam, stem cell dan pusat pelayanan jantung terpadu (PPJT).?
“Kepada para dokter khususnya  yang baru saja lulus,  setelah dilantik ini, agar mengikuti intership. Karena internship adalah proses magang nya dokter-dokter ini agar selaras antara pendidikan dengan praktek di lapangan.Jangan mudah berpuas hati, terus gali kompetensi dan skill,” jelasnya.
Sementara itu, diterapkannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 , Pemprov Jatim akan membuat regulasi terkait dokter luar yang ingin bekerja di Jawa Timur.?? Pemerintah juga memberikan batasan pada tenaga ahli kesehatan yang masuk ke Indonesia. Kualifikasi dokter atau perawat asing yang bisa melakukan praktik di Indonesia adalah tenaga kesehatan yang belum ada dan jumlahnya terbatas.?

Data Dinkes Jatim menyebutkan, jumlah dokter spesialis saat ini sebanyak 2.039 orang. Sementara kekurangannya mencapai 2.205 orang dokter, karena idealnya jumlah tenaga dokter spesialis di Jawa Timur sebanyak 4.244 dokter. Kekurangan tenaga medis tersebut meliputi ? dokter spesialis gigi, spesialis jiwa, spesialis mata, spesialis anastesi, dan spesialis jantung.