Médecins Sans Frontières (bahasa IndonesiaDokter Lintas Batas[1]), nama resminya di Amerika Serikat Doctors Without Borders, adalah sebuah sebuah organisasi kemanusiaan medis internasional independen yang memberikan bantuan darurat bagi masyarakat yang terkena dampak konflik bersenjata, epidemi, orang-orang yang tidak mendapatkan layanan kesehatan serta korban bencana alam.
Médecins Sans Frontières dibentuk pada 1971 oleh sekelompok kecil dokter Perancis setelah separasi Biafra. Organisasi ini dikenal di hampir seluruh dunia dengan nama Perancisnya atau sekadar singkatan namanya, MSF, tetapi di Amerika Serikat nama Doctors Without Borders lebih sering digunakan.
MSF dipimpin oleh sebuah dewan direktur internasional yang bertempat di JenewaSwiss, dan diorganisir menjadi 20 bagian. Setiap tahunnya, sekitar 3.000 dokter, perawat, bidan dan tenaga logistik direkrut untuk menjalankan berbagai proyek, tetapi hanya 1.000 yang dipekerjakan secara permanent sebagai staf untuk merekrut relawan dan menangani masalah keuangan dan hubungan dengan media. Para donor swasta memberikan sekitar 80% dari dana yang dibutuhkan oleh organisasi ini, sementara sumbangan pemerintah dan perusahaan-perusahaan memberikan sisanya. Anggaran tahunan MSF adalah sekitar AS dolar 400 juta.
Organisasi ini aktif memberikan pelayanan pemeliharaan kesehatan dan latihan medis untuk penduduk di lebih dari 70 negara, dan seringkali menuntut tanggung jawab politik di daerah-daerah konflik seperti Chechnya dan Kosovo. Hanya sekali dalam sejarahnya, pada genosida di Rwanda tahun 1994, organisasi ini menyerukan intervensi militer.

MSF menerima Hadiah Perdamaian Nobel 1999 sebagai penghargaan atas upaya-upaya para anggotanya yang terus-menerus untuk memberikan pemelihaan kesehatan di tempat-tempat yang dilanda krisis yang akut, serta membangkitkan kesadaran internasional tentang potensi bencana kemanusiaan. Dr. James Orbinski, yang menjabat presiden organisasi ini saat itu, menerima hadiah itu atas nama MSF. Sebelum itu, MSF juga menerima Penghargaan Perdamaian Seoul 1996.[6] Presiden Internasional MSF mulai 1 Oktober 2013 adalah Dr Joanne Liu.