MEDAN - Masuknya Indonesia dalam kepesertaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) maka Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) IKIP/Unimed bakal melakukan konsolidasi untuk mengikatkan dalam satu wadah organisasi.

“Kita ingin tenaga pendidikan khususnya dari alumni kader HMI Unimed maupun yang dulunya bernama IKIP Medan siap menghadapi persaingan MEA, click ” ujar Ketua Panitia Mansyur Hidayat Pasaribu Konsolidasi IKA HMI IKIP/Unimed saat ditemui dalam temu pers di Medan, viagra Senin, (21/12/2015).

Untuk itu, para alumni tersebut bakal mendeklarasikan pembentukan sekaligus membuat program kerja Ikatan Alumni (IKA) HMI IKIP/Unimed yang nantinya bertekad untuk memajukan tenaga pendidikan di Sumatera Utara.

Seperti yang diketahui dengan masuknya Indonesia ke dalam keanggotaan MEA, mau tak mau arus barang dan jasa juga harus siap bersaing di kawasan ASEAN. Tidak hanya dibanjiri beragam produk, bahkan tenaga profesi juga bakal masuk dengan mudah.

Termasuk tenaga profesi seperti dokter, perawat, arsitek, bahkan guru sekalipun akan masuk untuk mengajar di sini.

Oleh sebab itu jika tidak ingin tersingkir dengan tenaga pendidik asing yang menawarkan banyak inovasi dan pengetahuan kepada peserta didik, tenaga pendidik lokal harus siap bersaing dengan tenaga kerja yang berasal dari negara ASEAN lainnya.

Diharapkan nantinya dalam acara konsolidasi ini bisa terkumpul alumni HMI IKIP/Unimed yang sudah tersebar di berbagai daerah di pulau Sumatera.

Mereka dapat bereuni atau melepas kangen dengan para alumni lainnya yang telah mengembangkan karirnya sebagai tenaga pendidik di berbagai daerah.

“Forum ini kan dibentuk sebagai silaturahmi sesama alumni yang sudah terpencar di berbagai daerah. Begitu juga nantinya akan kita bentuk program kerja yang lebih ril dengan menggerakkan ekonomi mikro seperti membentuk badan usaha berupa koperasi,” katanya.

Di samping itu juga pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk membina atau mendirikan lembaga pendidikan yang lebih profesional untuk membuka lapangan kerja dengan menampung alumni kader HMI Unimed.

Acara konsolidasi ini bakal dihadiri oleh para alumni yang telah malang melintang di dunia praktisi pendidikan, pengusaha sampai politisi seperti Syaiful Sagala, Zahrin Piliang, Agus Salim, Mutsyuhito Solin, Aminullah Harap, Awaluddin Sibarani dan Muhammad Fadli. Mereka sudah memastikan untuk datang.

Bahkan alumni seperti Prof. Usman Pelly Ph.D dan Rektor Unimed Prof.Dr.H. Syawal Gultom, M.Pd menyempatkan waktunya untuk melakukan orasi ilmiahnya dalam konsolidasi tersebut.

Untuk itu melalui berita ini pihaknya mengundang seluruh alumni HMI IKIP/Unimed dimanapun mereka berada untuk datang dalam konsolidasi tersebut. Nantinya acara tersebut bakal dilansungkan pada Jumat 25 Desember 2015 pukul 14.00 WIB di Auditorium FMIPA Unimed.

Pihak panitia penyelenggara pun menurut Mansyur sudah memetakan para undangan yang bakal hadir. Pasalnya pada hari libur itu, mereka optimis bisa menghadirkan alumni HMI sebanyak 500 undangan.

Bagi alumni yang belum terdata diharapkan kehadirannya dengan menghubungi contact person panitia Mansyur Hidayat Pasaribu: 082163994001 dan Muhammad Fadli: 085277797881

sumber: TRIBUN-MEDAN.com